Ooh Ini Ternyata Peluang Usaha dan Bisnis Yang Prospektif

Mungkin banyak dari kita yang sering mendengar istilah “peluang usaha”. Di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak orang berlomba-lomba mencari peluang bisnis yang menguntungkan. Hingga berbagai cara dilakukan, dengan membuka unit usaha yang sekiranya prospektif.

Sebenarnya, ada cukup banyak peluang usaha jika kita jeli melihat “kesempatan” dalam “kesempitan”, bahkan ketika berada di era pandemi sekalipun. Dan memang benar, jika kita berniat kuat untuk menyelenggarakan sebuah bisnis pasti ada jalan yang dapat diraih.

Begitu sering disebut, ternyata masih ada banyak orang yang masih tidak mengerti akan istilah “peluang usaha”. Apa sebenarnya makna dari istilah tersebut? dan apa saja kesempatan bisnis yang prospektif pada tahun 2020? Yuk simak ulasannya pada artikel berikut ini!

1. Apa Itu Peluang Usaha?

peluang usaha

Tidak sah rasanya jika anda sering menyebut sesuatu namun tidak mengetahui maknanya secara keseluruhan. Ya, hal ini juga berlaku untuk istilah “peluang usaha” yang mungkin sering anda dengar dan ucapkan sendiri.

Peluang usaha terdiri dari 2 kata, yaitu “peluang” dan “usaha”. Peluang, memiliki arti sebuah kesempatan pada masa yang akan datang dan akan selalu dicari oleh orang. Sedangkan usaha, memiliki arti berbagai upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk meraih keuntungan.

Peluang usaha memiliki berbagai makna jika dilihat secara sempit maupun secara luas. Berikut ini penjabarannya :

a. Pengertian Secara Sempit

Peluang usaha jika dilihat secara sempit, adalah suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang demi meraih keuntungan di masa depan. Makna secara sempit ini didukung dengan berbagai pendapat para ahli, yaitu Thomas W. Zimmerer.

Menurut beliau, peluang usaha adalah sebuah upaya yang diterapkan pada kehidupan dan terdiri dari unsur kreativitas serta inovasi demi melihat kesempatan yang datang setiap hari serta demi problem solving.

b. Pengertian Secara Luas

Sedangkan makna peluang usaha secara luas adalah usaha yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang untuk mendapatkan penghasilan sekaligus laba. Untuk bisa mendirikan usaha, secara luas maknanya mengandung unsur kerjasama, penghitungan, analisis, proyeksi, dan masih banyak lainnya.

Beberapa ahli yang mendukung makna dari peluang usaha secara luas diantaranya adalah :

  • Robbin and Coulter : sebuah proses jangka panjang yang melibatkan individu ataupun kelompok dengan proyeksi usaha dan rencana tertentu yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah guna demi memenuhi kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.
  • Arif F. Hadiparanata : resiko yang sebaiknya diambil dan mau tidak mau harus dihadapi demi melakukan pengelolaan serta pengaturan berbagai urusan yang memiliki hubungan dengan finansial pihak-pihak terkait.

2. Cara Mendapatkan Peluang Usaha

peluang usaha

Sebenarnya, setiap hari kita selalu dikelilingi oleh kesempatan untuk membuka peluang usaha secara mandiri maupun kelompok. Hanya saja, sebagian besar dari kita kurang jeli melihat kesempatan tersebut untuk selanjutnya dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

Ada berbagai cara yang bsia digunakan untuk mendapatkan peluang usaha, diantarnaya adalah melalui jaringan dan internet. Eits, maksud kami jaringan disini bukanlah internet, namun jaringan sosial yang dimiliki oleh seseorang.

Baca Juga  Study Case Efek Big Bang Backlinks

Berikut ini berbagai cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan peluang usaha yang bagus :

a. Melalui Jaringan Sosial

Sebagai makhluk yang selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupannya (makhluk sosial), manusia pun bisa mendapatkan peluang usaha melalui jaringan sosial. Contoh upaya mendapatkan kesempatan bisnis melalui relasi adalah sebagai berikut :

  • Memperbanyak kenalan atau relasi
  • Memberikan kartu nama kepada pihak lain terlebih dahulu
  • Berinisiatif menghubungi orang lain untuk dijadikan mitra
  • Membangun hubungan baik dengan banyak orang melalui berbagai perkumpulan
  • Selalu mendukung berbagai kegiatan positif yang dilakukan oleh rekan
  • Sering-sering melakukan sharing pengalaman ketika berkumpul dengan rekanan
  • Memiliki sifat percaya diri dan optimis, sehingga rekan akan nyaman ketika berkumpul bersama
  • Memiliki inisiatif untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli

Dengan melakukan berbagai cara di atas, maka anda akan lebih mudah mendapatkan peluang usaha melalui jejaring sosial yang anda miliki.

b. Melalui Internet

Perkembangan internet yang semakin pesat tentu saja harus diiringi dengan peningkatan skill dan kemampuan diri menangkap peluang yang ada. Karena sejatinya di internet ada banyak sekali peluang usaha yang bisa didapatkan dan membuat anda memperoleh keuntungan berlipat ganda. Apabila internet Anda manfaatkan untuk optimasi website, solusi terbaik untuk rangking di google bisa menggunakan jasa Backlink PBN

Berikut ini berbagai peluang usaha yang bisa anda dapatkan melalui internet :

  • Memperbanyak wawasan tentang berbagai usaha yang bisa didapat melalui internet
  • Selalu melatih skill pada bidang keilmuan yang anda sukai walau melalui internet
  • Mengikuti berbagai forum online yang memungkinkan anda mendapatkan kenalan baru
  • Menjaga hubungan baik dengabn mitra yang didapat melalui interet
  • Membuat akun media sosial yang diperlukan untuk memperluas relasi
  • Dan lain sebagainya

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, maka anda bisa mendapatkan mitra dari internet serta peluang usaha secara praktis.

3. Bagaimana Cara Memanfaatkan Peluang Usaha?

peluang usaha

Mendapatkan ide mengenai peluang usaha yang akan anda gelar memang sebuah berkah Tuhan yang luar biasa. Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memanfaatkan peluang usaha tersebut dengan sebaik-baiknya.

Anda bisa menggunakan dua cara yaitu dengan menggunakan skill pribadi maupun ikut orang. Memang tidak ada yang mudah jika berbicara mengenai pemanfaatan peluang usaha menjadi suatu keuntungan bisnis. Namun jika anda mau berusaha, pasti tidak ada yang tidak mungkin diwujudkan.

a. Memanfaatkan Peluang Usaha Menggunakan Skill

Memiliki skill pada suatu bidang usaha tertentu memang menjadi hal yang patut untuk disyukuri. Sebagai bentuk rasa terimakasih kepada Tuhan karena diberi skill yang mumpuni, sebaiknya anda mengembangkan hal itu agar bisa “dirubah” menjadi uang.

Ketika ingin memanfaatkan skill menjadi peluang bisnis, anda pun terlebih dahulu harus memahami dengan baik bidang apa yang paling anda kuasai. Hal ini akan membantu anda menentukan bidang usaha apa yang akan digeluti di masa depan.

Baca Juga  Live Report Kualitas Backlink Big Bang Monster V2

Setelah itu, anda harus melakukan upaya mencari informasi sebanyak-banyaknya demi merubah kemampuan anda tersebut menjadi uang. Misalnya bagi orang yang suka dan ahli menulis, bisa memanfaatkan kemampuannya untuk menjadi seorang penulis artikel yang handal.

Namun kekurangan dari pemanfaatan skill secara mandiri, anda dituntut harus totalitas dalam melakukan branding usaha agar dikenal masyarakat luas. Hal ini pun juga tidak membutuhkan biaya yang sedikit pada pelaksanaannya.

b. Memanfaatkan Peluang Usaha Dengan Ikut Orang

Tidak selamanya orang yang tidak memiliki skill mumpuni untuk membuka usaha sendiri, tidak bisa bekerja sama sekali. Jika anda masih ragu tentang kemampuan anda namun ingin segera memanfaatkan peluang usaha yang ada, segeralah ikut orang.

Hal ini bisa anda wujudkan dengan mencari orang yang bisa dijadikan sebagai tumpuan dalam menjalani bisnis. Jangan ragu memulai usaha dengan terlebih dahulu “numpang” ke orang lain. Karena dengan begitu, anda bisa memperoleh pengalaman lebih dengan belajar melalui atasan.

Keunggulan lain jika anda memilih jalur ini untuk memanfaatkan peluang usaha adalah anda tidak perlu terlalu banyak menghabiskan uang untuk membangun usaha sendiri. Jika anda sudah ahli, biaya yang dikeluarkan setidaknya bisa sepadan dengan penghasilan yang diharapkan. Namun jika anda belum ahli, bisa jadi biaya tersebut banyak yang “salah sasaran”, benar kan?

4. Tips Memulai Usaha

peluang usaha

Anda telah mengetahui tips-tips mendapatkan peluang usaha serta cara memanfaatkannya. Setelah itu, yang harus kamu lakukan adalah memulai usaha tersebut. Berikut ini langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan jika ingin merintis bisnis :

a. Memperhitungkan Modal Usaha

Modal usaha, sebagai elemen penting dalam sebuah bisnis perlu diperhitungkan dengan matang. Pastinya diperlukan berbagai analisa terlebih dahulu terkait modal yang akan dialokasikan menjadi dana bisnis.

Seperti halnya biaya tetap, biaya variabel, hingga perhitungan balik modal. Berbagai jenis modal usaha tersebut ditotal, lalu dibagi dengan estimasi produksi yang akan dilakukan. Setelah itu, anda pun bisa langsung tahu berapa estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membangun bisnis. 

b. Memperhitungkan Laba Usaha

Kebutuhan dana memang menjadi objek vital dalam sebuah bisnis, begitu juga dengan estimasi laba yang akan didapatkan. Dengan megnetahui titik impas serta biaya per unit, anda pun bisa memperhitungkan laba usaha.

Caranya, temukan biaya per unit dengan menjumlahkan biaya produksi secara keseluruha dengan laba per unit yang diinginkan, lalu bagi dengan jumlah unit yang diproduksi. Setelah itu, anda bisa menemukan tingkat laba dengan mengurangkan hasil penjualan dengan biaya produksi yang digunakan.

5. Peluang Usaha Tahun 2020 Yang Harus Anda Coba

peluang usaha

Hampir semua orang mengetahui bahwa di tahun 2020, pandemi virus COVID-19 merajalela di ratusan negara. Nah, ada beberapa peluang usaha tahun ini yang akan sangat prospektif dan selayaknya anda pilih. Berikut ini diantaranya :

Baca Juga  Alamat Baru Gudangmovies21, Referensi Terbaik Hiburan Kamu

a. Menjadi Produsen atau Reseller Masker Antidebu

Para pembaca yang peka dengan perubahan dalam jagat bisnis, pasti mengetahui lonjakan harga masker ketika virus COVID-19 dinyatakan menyerang negara kita. Dan memang benar, jual beli masker berubah menjadi lahan bisnis yang snagat prospektif.

Baik masker medis, masker kain, atau masker N95 menjadi barang yang sangat dicari oleh orang. Anda pun tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Lakukan inisiatif memproduksi masker kain sendiri atau reselling produk masker medis kepada orang-orang yang membutuhkan.

b. Menjadi Produsen atau Reseller Produk Handsanitizer

Selain masker, jenis produk lain yang ngehits beberapa waktu belakangan adalah hand sanitizer. Sekarang ini, orang lagi peka dengan kebersihan anggota tubuh mereka, terutama tangan. Dan hand sanitizer adalah alternatif sabun yang bisa dibawa kemana-mana untuk membersihkan tangan dari bakteri dan kuman.

c. Menjadi Produsen atau Reseller Kue Lebaran

Pada tahun 2020, Hari Raya Idul Fitri datang pada bulan ke-5. Semangat menjalani bulan Ramadhan tentu saja ikut menumbuhkan semangat para pengusaha untuk menjual berbagai jajanan khas hari raya. Anda pun bisa ikut menjualkan produk mereka kembali. Atau jangan-jangan anda ingin membuat produk khas anda sendiri? Boleh tuh!

d. Menjadi Seorang Penulis Artikel

Pekerjaan content writer termasuk dalam pekerjaan yang baru dan belum banyak dikenal oleh orang. Namun siapa sangka, jika peluang usaha yang satu ini sangat prospektif. Mengingat perang content writer cukup penting dalam dunia digital marketing.

Itulah beberapa peluang usaha yang akan begitu prospektif tahun 2020. Nah, dengan berbagai uraian  yang telah kami jelaskan, semoga anda bisa segera memulai peluang usaha pribadi anda. Semoga sukses!

6. Hal-Hal yang Sering Ditanyakan

Apa Perlu Resign Dari Pekerjaan?

Tidak, Anda bisa menjalankan semua secara beriringan. Akan sangat merepotkan apabila Anda tiba-tiba resign sedangkan Anda tidak punya sumber penghasilan lain. Alangkah baiknya jika Anda mencari peluang bisnis dan Anda kembangkan, apabila situasi memungkinkan, barulah Anda resign.

Bagaimana Agar Tidak Hanya Sekedar Peluang?

Action, apabila sudah yakin dengan peluang yang Anda dapatkan, segeralah merealisasiknnya. Jangan sampai ide-ide cemerlang Anda menguap begitu saja. Karena kalau sudah menguap, mengingatnya malah lebih susah. Awali dengan tes pasar, lau dievaluasi agar tahu dimana letak kesalahannya.peluang usaha

Bagaimana Kalau Saya Jual Produk Musiman?

Sebaiknya jual produk jangka panjang, artinya produk tersebut selalu dibutuhkan hingga akhir hayat. Jika produk musiman, Anda hanya akan disibukkan oleh tren yang begitu mudah lenyap. Kemudian, stok barang juga harus Anda perhatikan, apabila tren sudah munucl dan stok barang terbatas, yang ada hanyalah kekecewaan.peluang usaha

Artikel Lebih lama

Artikel lebih baru

Kontak WA