Langka! Mengubah JPG ke PDF Paling Efisien

1. Mengubah JPG ke PDF

cara mengubah JPG ke PDF

Pernahkah Anda merasa kebingungan ketika akan mengirim file yang kebetulan bentuknya JPG namun diminta dalam bentuk PDF? Terlebih jika file ini sangat penting dan harus segera dikirimkan, pasti Anda mendadak bertanya-tanya bagaimana mengubah JPG ke PDF yang mudah dan cepat. Nah, tenang saja. Anda bisa mempelajari caranya di ulasan yang ada di bawah ini.

2. Kenapa Mengubah File JPG ke PDF

cara mengubah JPG ke PDF

Ada beberapa alasan mengapa terkadang file JPG perlu diubah ke dalam bentuk PDF. Selain karena file PDF kerap digunakan dalam pengurusan dokumen resmi secara online, apalagi jika Anda mendaftar di perguruan tinggi atau instansi pemerintah.

PDF juga lebih mudah formatnya untuk dicetak, disimpan, atau diarsipkan. Lalu sebenarnya, apa sih JPG dan PDF itu?

a. Definisi JPG dan PDF

JPG merupakan sebuah format gambar yang mana kependekan dari Joint Photographic Experts Group dan berbentuk file tunggal sehingga tidak bisa dipisah. Ukurannya terkadang lebih kecil dari PDF dan apabila diperbesar, gambar akan pecah dan tidak bisa untuk dokumen / arsip yang jelas.

3. Perbedaan Umum File Berformat JPG dan PDF

cara mengubah JPG ke PDF

Terdapat perbedaan mendasar yang ada pada file berformat JPG dan file berformat PDF, antara lain :

a. Ukuran File

Seperti yang sudah dibahas di atas, ukuran JPG dikatakan bisa jauh lebih kecil dibandingkan ukuran PDF.

b. Kemampuan untuk Copy

Isi dalam dokumen berformat PDF yang berupa teks bisa disalin dalam dokumen lain sementara di format JPG, Anda tidak bisa menyalin teks yang sudah berubah jadi gambar tersebut.

c. Fitur Lock

Di JPG, Anda tidak akan menemukan fitur lock atau kunci seperti yang bisa didapat di format PDF. Jadi ketika Anda tidak ingin dokumen PDF disalin, maka Anda bisa mengatur password pada dokumen tersebut.

4. Cara Mengubah JPG ke PDF

Tentunya bagi yang memiliki file JPG, ketidaktahuan tentang cara mengubah JPG ke PDF menjadi momok menakutkan. Anda tenang saja, dibawah ini ada banyak kumpulan cara mengubahnya yang cepat dan mudah. Yuk, kita simak deh uraiannya yang bermanfaat!

1. Via Online

Biasanya, mengubah JPG menjadi PDF secara online akan menggunakan website converter online yang sangat friendly user. Anda cukup menyiapkan kuota internet, file yang akan diubah, dan media menyimpan. Adapun situsnya adalah :

a. Jpg2pdf.com

Situs yang bisa Anda pakai mengubah JPG ke PDF ini tidak hanya bisa menampung satu file, namun bisa menampung beberapa file JPG sekaligus menjadi satu file PDF. Anda cukup masuk ke situsnya, unggah file yang akan diubah, lalu klik ‘thumbnail’ untuk menjadikannya PDF.

b. SodaPDF.com

Situs ini juga bisa membantu Anda mengubah JPG jadi PDF. Bahkan, Anda juga bisa mengambil file dari Dropbox atau Google Drive. Cukup masuk ke situsnya, unggah file dari media Anda gunakan untuk menyimpan, lalu klik ubah jadi PDF.

c. Smallpdf.com

Terakhir, ada situs yang juga bisa Anda pakai untuk kepentingan ini. caranya, Anda tinggal masuk ke situsnya, seret file atau unggah file JPG ke bagian yang sudah tersedia, lalu atur dokumen dan klik ‘Create PDF Now’. Maka, Anda bisa menyimpannya deh. Uniknya, Anda bisa menyimpannya di penyimpanan lokal, Dropbox, Google Drive, hingga Email.

2. Via Aplikasi

Jika tadi adalah mengubah JPG ke PDF via online, maka sekarang adalah teknik offline. Caranya yakni dengan beberapa aplikasi berikut, yakni :

a. Photoshop

Rupanya, Photoshop bisa Anda gunakan untuk mengubah JPG jadi PDF lho. Caranya pun sangat mudah. Anda tinggal membuka aplikasi Adobe Photoshop, pilih file yang akan diubah, lalu tinggal ubah fomat penyimpanan file dari JPG ke format PDF. Tunggu hingga beberapa saat hingga konversi selesai.

b. Microsoft Word

Selain Photoshop, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk mengubah JPG jadi PDF. Caranya, Anda tinggal membuka aplikasi Ms Word, ambil file JPG yang mau disimpan, atur halaman sedemikian rupa, lalu klik Save As dan pilih format PDF. Sama seperti Photoshop, tunggu beberapa saat hingga file tersimpan.

c. Google Slides

Terakhir, Anda bisa memakai aplikasi Google Slides yang tersemat dalam Google Drive. Jika Anda baru tahu apa itu Google Slides, aplikasi ini merupakan satu dari delapan layanan gratis dari Google. Bisa dikatakan, aplikasi ini mirip dengan format Ms Powerpoint. Namun untuk memakai aplikasi ini, tentunya Anda harus punya Gdrive dulu.

Cara mengubah JPG ke PDF sangat gampang. Setelah masuk ke Gdrive, Anda bisa mengatur format Google Slides dengan format PDF yang Anda mau, lalu upload file JPG yang akan dirubah, dan download file hasilnya dalam bentuk PDF.

7. Mengubah JPG ke PDF di HP Android

Selain melalui komputer / laptop, Anda juga bisa mengubah JPG jadi PDF melalui HP Android. Ingin tahu caranya? Yuk, simak cara mengubah JPG ke PDF pada Android di ulasan berikut ini.

1. Via Online

Masih sama dengan cara di PC, Anda bisa menggunakan berbagai situs yang sudah disebutkan di atas pada browser ponsel Anda untuk mengubah file. Tahapannya pun sama, mulai dari masuk ke situsnya, unggah file, lalu convert file dan download hasilnya.

a. Via Aplikasi

Setelah membahas via online, ada cara lagi untuk mengubah JPG ke PDF di Android dengan aplikasi alias offline. Caranya adalah Anda bisa mendownload aplikasi berikut yang bisa Anda cari di Playstore, yaitu :

b. Xodo PDF

Anda cukup masuk ke aplikasi ini, lalu pilih menu (+) dan silahkan pilih mana yang Anda inginkan. Jika mau mengubah JPG ke PDF, maka pilih ‘PDF from Image’ dan upload file dari galeri maupun kamera. Setelahnya, ubah dalam bentuk PDF dan download untuk disimpan pada ponsel Anda.

c. Convert JPG to PDF & Scanner

Aplikas ini bisa dibilang lebih mirip mesin scanner. Pada ponsel, cara kerjanya adalah dengan melakukan capture pada foto yang akan diubah, lalu klik ‘convert’ dan hasilnya langsung simpan di Cloud atau HP.

d. JPG to PDF Converter

Terakhir, ada aplikasi hits yang sering diunduh untuk kebutuhan satu ini. Cara kerjanya pun sangat mudah. Anda hanya perlu memilih file JPG yang akan diubah dan ketuk tombol ‘Convert lalu hasil akan berubah dengan sendirinya. Bahkan hebatnya lagi, Anda bisa membuat ukuran PDF mencapai 200 kb dengan dokumen yang tidak pecah. Di aplikasi ini, Anda juga bisa menambahkan password untuk proteksi dokumen.

6. Kumpulan Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Setelah ilmu cara mengubah JPG ke PDF sudah Anda kuasai, maka ilmu selanjutnya yang tidak kalah penting adalah cara mengecilkan ukuran file PDF. Portable Document File ini memang kerap kali dipakai untuk berkas penting seperti CV saat melamar kerja, tugas kuliah, skripsi, hingga pendaftaran CPNS.

Sayangnya, terkadang penggunaan file ini cukup rumit karena ukurannya yang besar. Seperti yang kita tahu, file PDF biasanya lebih besar dari JPG padahal ada syarat khusus untuk file yang di upload untuk pendaftaran. Adapun syaratnya adalah ukuran dokumen biasanya yang disarankan adalah dibawah 200 kb. Lalu bagaimana jika ukuran PDF mencapai 1 MB?

Tenang saja, Anda masih bisa mengompresnya atau memperkecil ukurannya dengan cara-cara dibawah ini. Ada dua cara yang bisa Anda pilih, yakni melalui online dan melalui offline. Anda juga tidak perlu cemas jika file yang akan diperkecil corrupt alias rusak. Namun untuk jaga-jaga saja, ada baiknya Anda menyalin file asli sebelum menggunakannya untuk kompresi. Tentunya, Anda tidak mau kan harus mengulangi langkah dari awal.

Lalu bagaimanakah cara memperkecil ukuran file PDF? Yuk, kita simak ulasannya.

a. Mengubah JPG ke PDF Via Online

Mengompres file PDF melalui online bisa Anda lakukan di PC atau Android. Caranya Anda cukup masuk ke situs kompresor file. Unggah file PDF yang akan Anda perkecil ukurannya dan tunggu hasilnya. Ulangi jika ukuran yang Anda mau belum didapat. Mudah, bukan?

Salah satu situs yang direkomendasikan adalah Smallpdf.com. Di situs ini, Anda tinggal upload file PDF, lalu kompres dokumen seperti yang sudah diajarkan. Setelah kompres selesai, Anda bisa mendownload file di kotak merah atau cukup klik “Unduh Sekarang” dan file akan tersimpan misal Anda mempunya website atau ingin membuka jasa pembuatan website.

b. Mengubah JPG ke PDF Via Offline

Selain online, ada juga cara melalui offline yang mana menggunakan aplikasi. Anda bisa mengunduhnya di Playstore. Adapun aplikasinya adalah Microsoft Word.

Di aplikasi ini, Anda bisa mengompres file PDF tanpa jaringan internet. Caranya simpel, Anda cukup membuka file PDF dengan Ms Word yang versinya 2013 ke atas, lalu tunggu file terconvert ke bentuk docx. Setelahnya, simpan file dalam bentuk PDF lagi dengan cara Save As > PDF namun gunakan opsi Minimum Size. Hal ini berguna untuk mengecilkan ukuran file PDF Anda.

Bagaimana? Mudah, ya? Anda bisa mengetahui cara-caranya melalui online maupun offline. Jadi tidak perlu takut jika Anda tidak ada jaringan internet. Selain itu, cara-caranya pun cukup mudah, simpel, dan tidak lama. Jadi jika Anda memiliki file JPG tidak perlu bingung lagi jika diminta mengirim dalam bentuk PDF. Anda juga tidak usah panik ketika file PDF asli berukuran 1 MB karena ini masih bisa diperkecil hingga batas minimum.

Demikian ulasan mengenai cara mengubah JPG ke PDF dan juga cara memperkecil ukuran file PDF Anda. Semoga ulasannya bermanfaat ya.

Mengapa Harus Mengubah File JPG ke PDF?

Ini bermanfaat apabila Anda ingin melamar kerja, pasti bakal ada permintaan untuk upload foto dalam format PDF agar file yang diunggah seluruhnya sesuai format yang sama. Untuk sekarang ini Anda sudah bisa mengubah JPG ke PDF dengan gampang dan cepat, baik online maupun offline.cara mengubah jpg ke pdf

Apa Manfaat File JPG?

Format gambar tersebut pada dasarnya memang sangat pas untuk gambar-gambar yang melibatkan beberapa representasi gambar yang memiliki kualitas fotografi. Apabila dipakai sebagai gambar internet, maka JPEG dapat disimpan pada beberapa varian progresif dalam proses dekompresi. mengubah jpg ke pdf

Apa Fungsi Lain PDF?

Apa itu PDF? Pengertian PDF (Moveable Doc Format) adalah jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Awalnya format ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, namun sekarang format PDF lagi banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra.
mengubah jpg ke pdf

Artikel Lebih lama

Artikel lebih baru

Kontak WA