Nah! Berikut Ini Cara Membuat Link WA Paling Gampang (Wajib Coba)

Cara Membuat Link WA – Kecanggihan teknologi yang ada seperti saat ini memang akan lebih memudahkan para masyarakat sebagai pengguna teknologi. Salah satunya yaitu kehadiran aplikasi WhatsApp, yang mana para pengguna aplikasi ini tidak harus melakukan penyimpanan nomor telepon karena sudah ada cara membuat link untuk Whatsapp yang lebih mempermudah para penggunanya.

Bagi para pelaku bisnis kehadiran cara membuat link wa tentunya sangat dibutuhkan supaya lebih memudahkan para konsumen ketika ingin melakukan komunikasi. Terutama bagi para pelaku bisnis online yang sudah tidak zamannya lagi menggunakan fitur SMS, telepon ataupun live chat. Cukup dengan menghubungi via WhatsApp maka kegiatan bisnis dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Tanpa harus menyimpan banyak kontak di hp, maka hubungan antara konsumen dan produsen tetap berjalan dengan baik. Sementara c membuat link whatsapp bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, karena untuk link Whatsapp tersebut bisa secara langsung masuk ke chat pribadi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya Anda dapat memahami teknis membuat link whatsapp tanpa mengalami banyak kendala

1. Cara Membuat Link WhatsApp Biasa

cara membuat link wa

Anda tidak perlu meminta bantuan orang yang lebih ahli ketika ingin membuat link Whatsapp, karena cukup dengan mengikuti tutorial yang ada di bawah ini, Anda sudah bisa merasakan sendiri betapa mudahnya membuat link Whatsapp biasa supaya chat bisa masuk ke WhatsApp secara langsung tanpa melakukan penyimpanan nomor telepon.

a. Langkah yang harus Anda lakukan yaitu seperti berikut ini:

  • Silahkan memasukkan nomor telepon di bagian short link Whatsapp.
  • Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook, blog, toko online, ataupun website atau sesuai dengan kebutuhan untuk dijadikan sebagai implementasinya.
  • Anda harus mencatat nomor telepon terlebih dahulu menggunakan kode internasionalnya. Untuk negara Indonesia kode internasionalnya yaitu kode 62 yang dijadikan sebagai pengganti angka nol pada awal nomor telepon.
  • Ketika memasukan nomor telepon jangan menggunakan tanda strip (-) atau spasi. Hal ini dikarenakan server WhatsApp tidak akan membaca tanda tersebut. Misalnya saja apabila Anda mempunyai nomor 081939123457, untuk penulisannya hanya cukup dengan mengubahnya supaya menjadi 6281939123456. 
  • Untuk langkah selanjutnya Anda dapat mengklik  bagian link https://api.whatsapp.com/send?phone=6281939123456 dan https://wa.me/6281234567890.
  • Untuk langkah yang terakhir Anda hanya cukup mengubah nomor di bagian belakang saja pada nomor whatsApp yang hendak digunakan tersebut.

2. Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Link WA

Perlu diketahui dengan baik meskipun beberapa langkah yang dilakukan untuk membuat link Whatsapp seperti di atas sangat mudah, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa poin tersebutlah yang akan menentukan apakah link Whatsapp yang gunakan tersebut berhasil atau tidaknya. Meskipun dikatakan mudah, namun terkadang masih ada para pengguna Whatsapp yang mengalami kesulitan. Hal ini bisa saja terjadi akibat kesalahan yang dilakukan, khususnya bagi orang awam yang belum mengetahui teknis bikin link Whatsapp.

a. Berikut ini poin penting yang perlu diperhatikan ketika Anda membuat link Whatsapp, diantaranya seperti berikut:

  • Anda diharuskan untuk menggunakan kode internasional ketika memasukkan nomor telepon. Untuk kode internasional tersebut digunakan untuk menggantikan angka nol pada awal dari nomor telepon yang dimasukkan.
  • Tidak disarankan menggunakan tanda strip (-) atau spasi, karena apabila nomor HP di pisahkan dengan tanda tersebut maka server WhatsApp tidak dapat membacanya. Sementara hal ini adalah rumus dari pembuatan link Whatsapp.
  • Pengaturan baku dari pembuatan link Whatsapp harus diperhatikan dengan baik, karena untuk pembuatan link Whatsapp ini tergantung pada bagian bahasa pemrograman website. Jika sekiranya Anda tidak mengikuti aturan baku tersebut, tentunya kode link yang Anda buat tidak dapat berjalan.
  • Anda harus memahami step-by-step nya supaya pembuatan link Whatsapp dapat berjalan dengan baik dan mudah.
  • Penulisan kode internasional dan simbol pada nomor telepon memang dianggap lebih sensitif, terutama pada fitur click to chat. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan atau misalnya satu huruf terlewatkan tentunya fungsi link tersebut tidak dapat bekerja secara baik.
  • Berhati-hati dan teliti dalam memasukkan nomor telepon atau fitur lainnya dan jangan lupa untuk selalu melakukan pengujian pada link Whatsapp yang sebelumnya Anda gunakan.

3. Rumus Dasar Membuat Link WhatsApp

cara membuat link wa

Pemilik toko online memang selalu disarankan untuk menggunakan fitur link Whatsapp ini supaya bisnis yang dijalankan mampu berjalan dengan sebaik mungkin serta mendatangkan banyak konsumen baru. Persaingan dalam dunia bisnis online yang semakin meningkat, maka membuat para produsen harus berpikir cerdas bagaimana cara yang harus dilakukan supaya lebih memudahkan konsumen dalam menemukan toko online Anda dan kemudahan dalam berkomunikasi. 

Sama halnya dengan link Whatsapp yang mampu memberikan segala kemudahan bagi masyarakat supaya bisa menjalin komunikasi dengan mudah. Jika pada biasanya pengguna whatsapp harus melakukan penyimpanan nomor hp terlebih dahulu ketika ingin menghubungi seseorang, namun berkat adanya fasilitas membuat link Whatsapp, maka Anda tidak perlu melakukan hal ini.

Cukup dengan mengklik bagian link WhatsApp saja, maka Anda pun bisa menghubungi seseorang dengan mudah. Hal ini dikarenakan link tersebut akan membawa kebagian chat secara langsung. Berikut ini rumus dari pembuatan link Whatsapp yang bisa Anda ketahui:

https://api.whatsapp.com/send?phone=xxx

untuk bisa memulainya, tentunya tidak akan mengalami kesulitan, karena Anda dapat secara langsung menggunakan rumus dasar yang ada di atas supaya pembuatan link Whatsapp bisa segera dibuat. Cukup dengan menambahkan nomor telepon saja yang sudah terdaftar di dalam aplikasi WhatsApp, maka link WhatsApp sudah bisa Anda miliki.

4. Membuat Link WhatsApp Menggunakan Shortlink

cara bikin link whatsapp

Pembuatan link whatsapp menggunakan short link memang memberikan banyak keuntungan dan alasan tersendiri. Khususnya bagi para pelaku bisnis online shop, yaitu karena pembeli tidak perlu ribet menuliskan format pemesanan. Untuk pemilik toko dapat menentukan sendiri jenis tulisan seperti apa yang hendak muncul pada link whatsapp tersebut. 

Selain itu cukup dengan satu klik saja, maka calon pembeli dapat secara langsung menghubungi penjual tanpa harus menyimpan nomor maupun menuliskan format pemesanan. Tentu saja hal ini mampu memberikan kemudahan bagi calon pembeli ketika berbelanja secara online. Apabila Anda ingin membuat link whatsapp menggunakan short link, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:

a. Pengaturan Nomor dan Isi Pesan

Untuk nomor dan isi pesan tersebut bisa berisi nomor telepon Anda yang dituliskan menggunakan kode negara. Sementara isi dari pesan yang dikirim sesuai pada format text yang di encode. Hal ini berarti untuk seluruh karakter secara khusus seperti enter, spasi ataupun yang lainnya jika diganti menggunakan kode html.

b. Encode Pesan 

Untuk memasukkan encode pesan ini silahkan memasukkan isi pesan pada bagian kotak yang sudah tersedia. Kemudian silahkan tekan bagian tombol encode. Tanpa menunggu lama nantinya akan muncul hasil encode pada bagian kotak yang kedua.

c. Shortlink Pengaturan

Apabila shortlink yang Anda buat sudah jadi, namun tampilannya masih jelek karena tulisan terlalu panjang, susah diingat dan susah dibaca, maka Anda bisa memanfaatkan layanan URL shortener gratis  atau disebut sebagai bitly. Untuk langkah-langkah cara membuat link wa yang bisa dilakukan yaitu:

  • Silahkan membuka bagian website resmi dari bitly kemudian melakukan registrasi.
  • Untuk proses registrasi ini dapat dilakukan secara gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.
  • Sementara bagian ini wajib dilakukan supaya short link dapat di custom sesuai nama alias nya.
  • Apabila proses registrasi sudah selesai silahkan login pada akun masing-masing dan jangan lupa klik tombol create yang terdapat di sebelah kanan atas.
  • Silahkan tuliskan link auto order pada whatsapp yang sudah Anda buat ke bagian kolom paste long URL.
  • Kemudian klik bagian tombol create.
  • Selanjutnya Anda dapat masuk ke bagian proses pengaturan di bagian title.
  • Silahkan tuliskan judul pada link yang hendak dipendekkan di bagian customize.
  • Jangan lupa untuk menuliskan nama pendek yang digunakan untuk pembuatan short link.
  • Pada bagian dashboard bitly nantinya terdapat laporan yang berupa beberapa kali link yang sudah di klik. Tentunya hal ini sangat bagus dalam melakukan pemantauan inside jualan.

5. Image Link Untuk WhatsApp   

pembuatan wa

Pembuatan link Whatsapp yang bisa membawa penggunanya langsung kebagian chat langsung juga bisa dilakukan melalui image link atau link Whatsapp menggunakan gambar.

Dengan adanya penggunaan gambar yang lebih menarik tentunya bisa lebih meningkatkan rasio konversi dari penjualan.

Namun perlu diingat, cara membuat link wa untuk gambar yang Anda terapkan tersebut sebaiknya tidak asal, karena hal ini menjadi poin penting yang bisa menarik perhatian calon konsumen seperti pelanggan jasa backlink authority. Untuk itu disarankan bagi Anda supaya mencari gambar desain yang bagus dan sesuai pada bisnis yang sedang dijalankan. Proses melakukan setting dianggap jauh lebih mudah. Terlebih lagi apabila Anda menggunakan CMS WordPress.

a. Silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat image link Whatsapp:

  • Anda harus melakukan pada media dulu di WordPress.
  • Setelah itu silahkan isi bagian ALT image maupun deskripsi seperti pada biasanya lalu silahkan tambahkan di halaman postingan.
  • Apabila sudah, maka klik bagian logo “”Insert and Edit Link”” yang terdapat pada bagian dashboard WordPress.
  • Silahkan masukkan URL tujuan yaitu “https://api.whatsapp.com/send?phone=6281939123456’ Setelah itu Anda dapat mengklik bagian “”Add Link”.
  • Anda dapat mencobanya secara langsung apakah Link yang terdapat pada gambar telah aktif atau belum.
  • Anda pun bisa menambahkan teks di bagian link Whatsapp supaya terlihat lebih interaktif. Hal ini sangat cocok bagi diri seseorang yang menggunakan link Whatsapp untuk bisnis online, baik itu sekedar pemesanan atau order.
  • Ada beberapa kode penting yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menambahkan beberapa opsi di dalam WhatsApp chat seperti berikut:
  • &text 

Kode ini digunakan untuk menambahkan teks di bagian link cara membuat link wa Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

  • %20 

kode yang memerintahkan para penggunanya ketika ingin menambahkan spasi di dalam teks.

  • %0A 

Kode yang memberikan perintah ketika pengguna akan menambahkan enter atau ganti baris di dalam teks.

Proses cara membuat link Whatsapp memang tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Termasuk pada beberapa metode yang ada di atas. Dengan memaksimalkan WhatsApp untuk dijadikan sebagai channel dalam penjualan bisnis, tentunya hal ini dapat menaikkan omset bulanan pada bisnis online yang sedang dijalankan. 

Namun masih ada step paling penting yang perlu diperhatikan, yaitu jangan sampai lupa melakukan testing pada link yang sudah Anda buat. Dengan adanya testing inilah maka bisa memastikan tidak adanya kekeliruan atau error pada bagian kode yang telah Anda buat.

Apa kegunaan WhatsApp WA Untuk Bisnis Anda?

Buanyak, Anda bisa melayani konsumen melalui WhatsApp hanya perlu melakukan 1 klik saja sebelum dapat menghubungi Anda, Karena konsumen sangat nyaman dengan layanan yang praktis dan tidak berbelit-belit. Apabila Anda tidak memudahkan konsumen, jangan salahkan kompetitor jika konsumen Anda berpaling.cara membuat link wa

Apakah Ada Link Instant Yang Mudah Untuk Membuat Auto Chat WA?

Ada, langsung akses disini https://www.wasap.at/. Link tersebut sangat berguna untuk kecepatan dan efektifitas bisnis Anda. Era 5.0 sekarang ini akan membuat Anda terpancing untuk terus berinovasi. Apabila Anda hanya rebahan dan berpangku tangan, usia bisnis Anda tidak akan lama.cara membuat link wa

Apakah Link yang Sudah Dibuat Bisa Digunakan Selamanya?

Tentu, kecil kemungkinan link yang sudah dibuat tiba-tiba kedaluarsa. Ditengah menjamurnya bisnis online, platform penyedia chat wa juga akan terus berbenah dalam memberikan pelayanan prima untuk para user. Anda bisa menikmati layanan dari platform wa untuk memudahkan para pelanggan dalam bertransaksi dengan Anda.cara membuat link wa

Artikel Lebih lama

Artikel lebih baru

Kontak WA